slider img
slider img
slider img

Sarjana kok dirumah? Satu quotes yang menarik untuk diperdebatkan. Bisa saja benar dan bisa saja tidak. Lalu bagaimana? Ap...

Sarjana Harus Ngapain? Jawab Disini


Sarjana kok dirumah?

Satu quotes yang menarik untuk diperdebatkan. Bisa saja benar dan bisa saja tidak. Lalu bagaimana?


Apa yang pertama kali Anda pikirkan dengan titel SARJANA Apakah kalau sarjana harus kerja di perusahaan ternama? Apakah kalau sarjana tidak boleh lerja di tempat yang jauh dari kemapanan? (Karena dianggap gagal) Dan berbagai opini lainya


KENYATAANYA memang begitu!

Banyak yang ingin bekerja di perusahaan bonafit di kota besar. Rencana awal sih hanya mencoba tapi sudah nyaman dan keterusan. Sampai 10 tahun berjalan tiba tiba ada pikiran "Enaknya tinggal disini atau balik ke kampung ya?" Mau balik tapi udah nyaman disini. Akhirnya memutuslan tinggal di (pinggiran) perantauan dan menikmati segala keluhan hidup dengan gembira. Kemudian dilanjutkan generasi setelahnya. Kira-kira begitu

Tentunya pemikiran seperti itu tidaklah salah. Banyak orang berhasil dengan cara tersebut. Tapi, Kita coba lihat dari sisi yang lain agar memiliki pilihan hidup, kenapa ya perekonomian di Indonesia kurang bagus? Dan tidak sedikit kawasan yang bisa dibilang "tertinggal". Salah satu faktornya bisa jadi karena penumpukan manusia terbaik di daerahnya dalam satu habitat kota besar yang sudah terlanjur tinggal disana. Sebenarnya tidak lupa dengan habitat asalnya hanya saja terkunci oleh rutinitas yang sudah disetujui dengan penuh benci.

Merantau itu perlu, tapi apa manfaat merantau sebenarnya? Kalau hanya memperbaiki kondisi pribadi/keluarga sepertinya terlalu sempit ya. Merantaulah untuk mencari ilmu, setelah itu jangan lupa kembali ke habitat asal dengan semangat yang baru.





Saya ingin sharing kira-kira apa yang bisa kita perbuat dengan ilmu yang kita miliki setelah merantau, untuk memajukan habitat asal kita agar setidaknya lebih baik daripada sebelumnya. Salam sukses semua #MariBerkarya



Januari 2018 mulai menulis kembali dengan semangat baru dan pilihan hidup yang lebih PASTI. Tahun-tahun sebelumnya blog ini berisi campuran ...

Apakah kamu orang yang FOKUS?

Januari 2018 mulai menulis kembali dengan semangat baru dan pilihan hidup yang lebih PASTI. Tahun-tahun sebelumnya blog ini berisi campuran dari masalah cinta, musik, olahraga, komputer, bisnis, dan lain halnya. Karena memang blog ini Saya buat 2010 awal masuk SMA haha. Seiring berjalan-nya waktu dan bertambahnya pengalaman, saya ingin mulai FOKUS menulis tentang passion saya yang akhirnya bisa menjadi tujuan hidup yakni dunia Entrepreneur.



Sudah sangat banyak Entrepreneur muda yang menginspirasi saya sehingga saya tidak  ingin ketinggalan untuk ikut berpartisipasi memajukan bangsa Indonesia.

APASIH FOKUS ITU?


Fokus pada umumnya berarti konsentrasi atau bisa juga bertuju pada 1 hal. Fokus yang saya bahas disini lebih kepada bertuju pada 1 hal.

Sejak SMA saya suka sekali dengan Entreprenuership, kelihatan keren gitu... walaupun aslinya berdarah-darah. Tapi terlihat keren cukup menghapus darah itu haha. Kalau diurutkan sejak awal bisnis saya:

1. Reseller Jersey bola (2011)
2. Konveksi kaos dan jersey (2014)
3. Digital Agency (2014)
4. Ayam Suwir (2017)
5. Sus Kering Emmh (2015-sekarang) 

dari list diatas, menurut kalian keren atau tidak?
Itulah yang saya sebut BERDARAH

 Kata mas Jaya Setiabudi, "Orang yang TIDAK FOKUS layak dihibur dengan julukan MULTI TALENT" nah (dulu) saya masih percaya sama gelar multi talent itu keren, padahal sedih ngalaminya.

Saya yakin, kalian yang baca ini pasti pernah atau bahkan sedang mengalami fase ini. Tidak hanya di bisnis. Bisa juga pada kegiatan lainya (Silahkan dicari contohnya :D)

SAYA TIDAK SETUJU


Lalu, pasti ada juga yang tidak setuju. "Kan selama bisa dikelola baik gapapa?" "Saya bisa kok mengurusi semuanya" "Kan bisa menyuruh orang untuk memegang". Pembelaan yang bagus hehe. Kalau kamu seorang pebisnis ulung yang sudah paham betul alur bisnis yang baik maka silahkan saja kamu punya banyak bisnis, kemudian tugaskan orang untuk menjadi penanggung jawab semacam CEO. Banyak juga pebisnis yang mulai membuka banyak usaha. Pak Ciputra, Anthony Salim, dll. Tapi mereka fokus pada bisnis pertama-nya.

Masalahnya kita sebagai pemula (kurang dari 5tahun) masih suka latah untuk melihat rumput tetangga yang lebih hijau. Contoh pada diri Saya, buka konveksi kaos dan jersey tahun 2014 sudah jalan lumayan stabil eh, dapet client bikin website saya ambil juga akhirnya tergiur untung dari Digital Agency. Konveksi ga keurus akhirnya mati :') lalu agency goyah akhirnya semuanya mati HAHA


INTINYA


Fokus adalah tentang kesabaran dan janji yang harus dilaksanakan apapun cobaan-nya. Dalam bisnis pasti ada pasang surut, kalau sedang bagus di syukuri kalau sedang jatuh diperbaiki. Bisnis juga ibarat bayi yang harus kita rawat dan jaga sampai tumbuh dewasa hingga pada akhirnya kita percayakan pada orang yang layak mendampinginya. FOKUS!


Endorse artis jutaan dengan modal nol-nol an Oke sebelumnya pengen nanya, siapa saja yang pernah Endorse dalam bisnisnya? Setidaknya per...

Tips Endorse Agar Lebih Maksimal

Endorse artis jutaan dengan modal nol-nol an


Oke sebelumnya pengen nanya, siapa saja yang pernah Endorse dalam bisnisnya?
Setidaknya pernah meminta orang foto menggunakan/dengan produk kita?

Nah, itulah dasar dari Endorse yang berarti testimoni yang dibuat saat menggunakan produk tersebut.
Sedikit berbeda dengan testimoni real yang dimana konsumen secara sukarela mempromosikan produk tersebut.

Sus kering Emmh
Endorse


Perlu kita ketahui bahwa sistem endorse ini booming sekitar tahun 2013-2015 saat itu sedang ramai online shop menggunakan instagram sebagai media promosi. Nah, banyak juga seleb-gram bermunculan. Disinilah mulai tercipta kerjasama antara pemilik produk dengan pemilik akun personal, bisa dari kalangan public figure maupun masyarakat biasa.

Setelah masa booming itu, justru semakin banyak seleb-gram bermunculan dan terima "jasa" endorse. Yang awalnya endorse hanya sekedar kirim produk, saat ini sudah menjadi bisnis yang menjanjikan untuk mereka yang terlibat. Lalu apa efeknya bagi pemilik produk? Perlu "lucky" saat kita endorse berbayar karena kemungkinan dan seringkali terjadi adalah pemilik produk kurang puas terhadap hasil foto maupun hasil viralnya.

Disini saya akan memberi sedikit tips bagaimana memaksimalkan ENDORSE
Yang perlu diketahui bahwa kita harus menyesuaikan produk kita dengan orang yang kita endorse. Semisal produk camilan sus kering, karena targetnya 80% wanita, maka sebagaian besar endorse ke wanita. Karena wanita sangat mudah terpengaruh dengan sesama wanita.

Sebelum kita mengirim produk ke endorser kita harus negosiasi dan di era sekarang rata-rata mereka akan mematok tarif mulai puluhan ribu hingga puluhan juta. Lalu, bagaimana agar bisa mendapat Endorse tanpa mengeluarkan banyak uang?

1. Catatlah calon endorser sesuai target market anda
2. Setelah tercatat, buatlah copywriting untuk mengirim penawaran misalnya "selamat pagi, kami dari @namaolshop mau mengirimkan camilan xxx boleh kak? :)"
3. Kirimkan ke list calon anda via DM atau email minimal sehari 20 akun
4. Jika sudah ada balasan biasanya mereka ada yang meng iya-kan ada juga yang mengirim tarif. Jika 

mengirim tarif langkah selanjutnya adalah memberi jurus berikut "Boleh free kak? karena kami masih baru dan ingin membagi produk ke kakak. Tidak di post juga gapapa kak, kami minta dikirim fotonya saja"

endorse di instagram
contoh instagram yang menarik


Nah, jurus diatas bisa dicoba jika berhasil segera kirim produk, dan jika masih gagal ulangi beberapa bulan lagi
Bayangkan jika Raisa makan sus kering Emmh dan di post di instagram, sudah pasti fans Raisa pun penasaran "apa sih itu" dan akhirnya memfollow akun Emmh tadi. Sampai disini tugas Endorser sudah selesai. Tugas selanjutnya ada di kekuatan produk dan pengelolaan instagram kita:

1. Harus menarik secara desain & Konten
2. Tidak melulu berjualan, idealnya sharing 5 kali jualan 1 kali

Intinya bahwa endorse jaman sekarang lebih untuk "stock foto" saja. Karena followers endorser baru biasanya para endorser lain juga. Jadi jangan berharap lebih.. Yang kita perlukan adalah foto dari endorser tersebut menggunakan produk kita.

SUKSES MENJADI RESELLER? Siapa bilang menjadi reseller sebuah produk tidak bisa sukses? Menjadi reseller saat ini merupakan pili...

5 Kiat Sukses Menjadi Reseller

SUKSES MENJADI RESELLER?


Siapa bilang menjadi reseller sebuah produk tidak bisa sukses?
Menjadi reseller saat ini merupakan pilihan tepat untuk kita yang ingin berbisnis tanpa modal. Karena banyak produsen yang menawarkan sistem dropshipper, tentunya dengan margin keuntungan yang disesuaikan.




Reseller Produk


Sudah banyak contoh reseller yang sukses meraup untung jutaan. Mulai reseller buku, aplikasi, baju, camilan, dan lainya. Tentunya untuk sukses harus memiliki kiat-kiat berikut ini:

1. Niat
Modal utama pengganti uang adalah niat. Karena dengan niat yang baik maka kita sudah berjanji pada diri sendiri untuk segera memulai menentukan pilihan. AKU MAU JADI RESELLER CAMILAN!

2. Semangat
Nah, setelah niat sudah selanjutnya adalah semangat. Semangat untuk aktif berjualan dengan cara-cara yang halal. Misal ada si A dan si B. Mereka sama-sama reseller produk camilan. si A setiap hari memasarkan jualanya secara online tetapi si B hanya seminggu sekali memasarkan. Kira-kira siapa yang berpeluang mendapat penjualan lebih banyak? Apalagi si A juga menawarkan produknya ke cafe, toko oleh-oleh di daerahnya. WOW Pasti penjualan lebih ramai

3. Memahami produk
Hal ini sangatlah penting. Sebagai reseller, kita harus tau seluk beluk produk yang kita jual. Yang paling penting sebagai reseller harus bisa menjelaskan pada customer tentang produk tersebut. Jangan hanya menjual tanpa mengedukasi pasar tentang manfaat produk tersebut.

Reseller Camilan
Gabung Reseller? bit.ly/ResellerEmmh


4. Multi produk
Untuk menjadi Reseller sangat disarankan menjual berbagai macam produk sejenis. Kenapa? Karena konsumen akan lebih banyak pilihan. Semisal jual camilan maka kita harus memilih produsen yang beragam. Ada keripik, makaroni, sus kering, mie lidi, dll. Mencari produsen sangat mudah apalagi di instagram.

5. DOA
Doa adalah senjata pamungkas untuk menunjang rejeki kita. Karena sekeras apapun kita berusaha tanpa diiringi doa semua akan sia-sia.



Intinya untuk menjadi reseller handal harus memiliki semangat membara.. dan pintar mencari peluang pastinya. SETUJU?

==========
Peluang bisnis menjadi Reseller camilan sus kering Emmh! Snack daftar aja disini  bit.ly/ResellerEmmh

Sudah masuk di materi #BelajarBisnisCamilan 5 Gabung di Grup: Telegram :  https://t.me/belajarbisniscamilan FB: bit.ly/BelajarBisnisCami...

Belajar Bisnis Camilan

Sudah masuk di materi #BelajarBisnisCamilan 5
Gabung di Grup:
Telegramhttps://t.me/belajarbisniscamilan
FB: bit.ly/BelajarBisnisCamilan

Branding pada produk dan owner

branding


Apakah Anda pemilik produk? atau pemilik toko online/offline?
Jika "YA" maka simak baik-baik pembahasan berikut ini.

Setiap owner pasti ingin produk atau jualanya laris di pasaran, tapi apakah kita sadar bahwa sebelum bisa laris di pasar, produk kita harus dikenal?

Nah... sekarang kita coba evaluasi apakah produk kita sudah dikenal?
Bagaimana ceritanya produk kita banyak dibeli, sementara orang tersebut tidak tau apa produk kita. Hal paling mudah untuk perkenalan produk adalah dengan media sosial. Ya, cukup mengulas produk kita di media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook yang tentunya gratis. Jika sudah punya dana lebih bisa merambah ke website.

Kita akan bahas Facebook terlebih dahulu. Kalau kita aktif di FB, kita akan banyak menjumpai para guru yang sudah merambah FB untuk personal branding mereka. Sebagai contoh Kang Rendy Saputra, Mas Jaya Setiabudi, Kang Dewa Eka Prayoga (bisa cari di FB). Mereka semua bisa kita contoh untuk membangun personal branding. Dengan personal branding yang kuat otomatis ketika kita mengenalkan produk yang kita miliki akan mudah diterima oleh minimal followers kita di FB tersebut.

Bandingkan dengan orang yang memiliki produk, tapi tidak pernah share mengenai produk yang dimiliki. Gimana kira-kira hasilnya? 0. Kalaupun ada ya mungkin beruntung bisa menemukan produk tersebut.

Intinya dalam proses branding terutama personal branding kita harus soft selling (berjualan secara halus). Menggunakan cerita yang dapat mempengaruhi calon customer kita untuk setidaknya tau akan produk kita. Atau lebih jauh lagi apabila calon customer merasakan manfaat, akan terjadi closing.

Contoh:

1. Misal upload foto endorse artis dengan produk camilan saya
"Liburan pada kemana? si XXX aja ngemil Emmh! Snack dia order di LINE @FKF5688T, kata dia rasanya maknyussss buat nemenin liburan. Mau coba kepoin dulu IGnya @emmh.snack?"

2. Misal kita sedang mengikuti tren dan memancing orang untuk add LINE kita
"Om Tolelot Om... ada kejadian menarik ketika kamu add LINE @FKF5688T... Pokoknya waktu kamu add langsung ada om Tolelot Om... Coba aja"

Website Anda sudah bagus secara tampilan tapi belum banyak pengunjungnya? Apakah mbah google tidak suda desain website yang bagus? Kebanya...

Trik SEO Untuk Meningkatkan Rangking Website

Website Anda sudah bagus secara tampilan tapi belum banyak pengunjungnya?
Apakah mbah google tidak suda desain website yang bagus?
Kebanyakan website memiliki desain yang menarik, tapi SEO nya buruk. Apalagi tren website seperti one page, parralax, dan responsive web semakin banyak. Tapi, perlu diketahui apakah susunan <meta> tag - nya sudah sesuai apa yang dimau mbah google? supaya SEO nya mantap.



Disini saya akan memberi contoh website aplikasi laundry. Dalam pencarian di google cukup banyak hasil yang ditampilkan, lalu apa yang menyababkan website diatas muncul di halaman pertama? kita lihat susunan title di website tersebut pasti ada unsur "Aplikasi, laundry, software, program".
Mbah google akan tahu website mana yang memiliki judul sesuai dengan pencarian.

Misal kita cari "Aplikasi Laundry Satuan" maka akan muncul tampilan seperti berikut:



Judul atau title website tersebut masih ada unsur aplikasi laundry satuan. Itulah yang disebut teknik SEO. Jadi, jangan asal membuat title di website kita, mulai pikirkan kemungkinan pencarian orang-orang lebih banyak dengan kata-kata apa sih?

Sekarang, gimana cara agar title saya seperti itu? Oke, disini saya akan memberikan script untuk Anda. Silahkan dicoba di website Anda dengan kata kunci sesuai yang anda inginkan

<title>Aplikasi Laundry Kiloan dan Satuan untuk bisnis Anda</title>

<meta name="keywords" content="Aplikasi Laundry, Software Laundry, Program Laundry,....dst">

<meta name="description" content="Aplikasi Laundry untuk kemudahan bisnis Anda, Hubungi XXXXX">


Oh ya ada tambahan satu meta lagi untuk script kamu.

<meta name="google-site-verification" content="OOdCtusf-ynWqexOhZIpf0TcGygFIqQwyvbw8inJfjc" />


Nah gimana caranya? Anda harus masuk dulu ke google webmasters https://www.google.com/webmasters
Kemudian tinggal login dan daftarkan website kamu.



Setelah meta tag dibuat jangan lupa juga isi konten website harus berbau dengan kata kunci agar memudahkan mbah google. Nah, tinggal kita tunggu proses website kita naik ke peringkat pertama di halaman pencarian google.

Selamat mencoba
Ada pertanyaan langsung komentar yaa

Total Pageviews

Powered by Blogger.