Posted by : jody baharizki Monday, October 10, 2011

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar mengenai Visual Basic (VB). Kalau kamu belum tau apa itu VB ? silahkan donlot tuh softwarenya di mbah gugel www.google.com
Bagi yang sudah pernah mengenal VB mari kita membuat sebuah projek sederhana mengenai searching.
 
Langkah awal kita buka dulu aplikasi VBnya, kemudian akan muncul gambar seperti diatas. Langsung aja klik open.
Akan muncul form kosong seperti diatas. Itu adalah bidang kerja kamu untuk membuat sebuah project.
Tambahkan listbox , label , dan textbox
Masuk ke coding, ketikan coding berikut
Dim x As Byte
Dim nm(40), f, m As String
Lalu kembali ke form.
kemudian dobel klik pada text1. Tuliskan coding ini
Private Sub Text1_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii = 13 Then
    x = x + 1
    nm(x) = Trim(Text1)
    List1.AddItem x & ". " & Text1
    Text1 = ""
End If
End Sub
Kembali ke form, dobel klik pada text2. Tuliskan coding ini
Private Sub Text2_KeyPress(KeyAscii As Integer)
If KeyAscii = 13 Then
f = UCase(Trim(Text2))
m = " ga onok bung -,-a"
For c = 1 To x
    If f = UCase(nm(c)) Then m = " Ada di Posisi ke " & c
Next
MsgBox f & m
End If
End Sub
Ini adalah hasilnya. Setelah mencoba silahkan di running
Dan hasilnya adalah…
Ketikan nama pada textbox1. Kemudian enter dan begitu selanjutnya
Pada textbox2 ketikan nama yang akan anda cari, misal saya mencari nama jody maka hasilnya akan seperti ini.
Dan apabila yang anda cari tidak ada maka akan muncul msgbox berikut.
Ya sekian yang bisa saya sharingkan, mudah-mudahan bermanfaat sapai bertemu di episode-episode selanjutnya kawan.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Psang Iklan?

Psang Iklan?
Klik gambar diatas

Like Us!

Youtube

\
\

Labels

Powered by Blogger.

Total Pageviews

- Copyright © 2016 Jody Baharizki -@jodybaharizki- Powered by Blogger -