Posted by : Jody Baharizki Monday, January 27, 2014

Kembali lagi di postingan saya tentang wordpress. Dan kita akan membahas tentang bagaimana cara menambah user serta memberikan hak akses untuk masing masing user yang kita tambahkan di wordpress.



Menambah user memiliki berbagai tujuan. Di Wordpress hak akses user terbagi menjadi 5 :

1. Subscriber


Subscriber adalah hak akses paling minim, user ini hanya bisa membaca dan mengomentari postingan yang ada di blog.


2. Contibutor


Contributor memiliki hak satu tingkat lebih dari subscriber. Selain bisa membaca dan memberikan komentar di postingan, user ini bisa menulis konten di blog. Tapi tidak bisa upload file dan mempublikasikan postingan tersebut, hanya di draft untuk kemudian hak akses yang lebih tinggi yang berhak posting.

3. Author


Author memiliki hak yang lebih lagi daripada contributor. User ini bisa upload file di library dan bisa langsung publish hasil postingan yang dibuat tanpa menunggu di publish oleh editor atau admin. Tapi author hanya bisa melhat postingan dirinya sendiri di draft.

4. Editor


Editor berada satu tingkat dibawah admin, yang tentunya memiliki hak akses yang lumayan banyak. User ini bisa melihat seluruh komentar, postingan orang lain, merubah postingan orang lain, upload di library.

5. Admin


Admin adalah user yang memiliki hak akses full di halaman admin. User ini bisa melakukan segala pongaturan mulai tema, posting, komentar, plugin, widget, dan seluruh isi website ada di kendali admin.


Nah, Dari penjelasan diatas apakah anda bisa membuat user di wordpress ?
Jika belum mari kita ikuti step step dibawah ini :


1. Masuk ke halaman admin wordpress kamu


Kemudian masuk ke menu user
Pilih add new














 
Setelah itu isikan data lengkap untuk user yang akan dibuat. Di field Role  pilih jenuis user sesuai kebutuhan admin, editor, author, contributor, atau subscriber. Setelah itu klik add new user





Setelah oke coba login menggunakan user yang kamu buat tadi. Dan lihat hak akses apa saja yang bisa dilakukan masing masing user tersebut.
Selamat mencoba dan selamat ber eksperimen, semoga bermanfaat.

@jodybaharizki







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Psang Iklan?

Psang Iklan?
Klik gambar diatas

Like Us!

Youtube

\
\

Labels

Powered by Blogger.

Total Pageviews

- Copyright © 2016 Jody Baharizki -@jodybaharizki- Powered by Blogger -