Posted by : Jody Baharizki Tuesday, May 2, 2017

Endorse artis jutaan dengan modal nol-nol an


Oke sebelumnya pengen nanya, siapa saja yang pernah Endorse dalam bisnisnya?
Setidaknya pernah meminta orang foto menggunakan/dengan produk kita?

Nah, itulah dasar dari Endorse yang berarti testimoni yang dibuat saat menggunakan produk tersebut.
Sedikit berbeda dengan testimoni real yang dimana konsumen secara sukarela mempromosikan produk tersebut.

Sus kering Emmh
Endorse


Perlu kita ketahui bahwa sistem endorse ini booming sekitar tahun 2013-2015 saat itu sedang ramai online shop menggunakan instagram sebagai media promosi. Nah, banyak juga seleb-gram bermunculan. Disinilah mulai tercipta kerjasama antara pemilik produk dengan pemilik akun personal, bisa dari kalangan public figure maupun masyarakat biasa.

Setelah masa booming itu, justru semakin banyak seleb-gram bermunculan dan terima "jasa" endorse. Yang awalnya endorse hanya sekedar kirim produk, saat ini sudah menjadi bisnis yang menjanjikan untuk mereka yang terlibat. Lalu apa efeknya bagi pemilik produk? Perlu "lucky" saat kita endorse berbayar karena kemungkinan dan seringkali terjadi adalah pemilik produk kurang puas terhadap hasil foto maupun hasil viralnya.

Disini saya akan memberi sedikit tips bagaimana memaksimalkan ENDORSE
Yang perlu diketahui bahwa kita harus menyesuaikan produk kita dengan orang yang kita endorse. Semisal produk camilan sus kering, karena targetnya 80% wanita, maka sebagaian besar endorse ke wanita. Karena wanita sangat mudah terpengaruh dengan sesama wanita.

Sebelum kita mengirim produk ke endorser kita harus negosiasi dan di era sekarang rata-rata mereka akan mematok tarif mulai puluhan ribu hingga puluhan juta. Lalu, bagaimana agar bisa mendapat Endorse tanpa mengeluarkan banyak uang?

1. Catatlah calon endorser sesuai target market anda
2. Setelah tercatat, buatlah copywriting untuk mengirim penawaran misalnya "selamat pagi, kami dari @namaolshop mau mengirimkan camilan xxx boleh kak? :)"
3. Kirimkan ke list calon anda via DM atau email minimal sehari 20 akun
4. Jika sudah ada balasan biasanya mereka ada yang meng iya-kan ada juga yang mengirim tarif. Jika 

mengirim tarif langkah selanjutnya adalah memberi jurus berikut "Boleh free kak? karena kami masih baru dan ingin membagi produk ke kakak. Tidak di post juga gapapa kak, kami minta dikirim fotonya saja"

endorse di instagram
contoh instagram yang menarik


Nah, jurus diatas bisa dicoba jika berhasil segera kirim produk, dan jika masih gagal ulangi beberapa bulan lagi
Bayangkan jika Raisa makan sus kering Emmh dan di post di instagram, sudah pasti fans Raisa pun penasaran "apa sih itu" dan akhirnya memfollow akun Emmh tadi. Sampai disini tugas Endorser sudah selesai. Tugas selanjutnya ada di kekuatan produk dan pengelolaan instagram kita:

1. Harus menarik secara desain & Konten
2. Tidak melulu berjualan, idealnya sharing 5 kali jualan 1 kali

Intinya bahwa endorse jaman sekarang lebih untuk "stock foto" saja. Karena followers endorser baru biasanya para endorser lain juga. Jadi jangan berharap lebih.. Yang kita perlukan adalah foto dari endorser tersebut menggunakan produk kita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Psang Iklan?

Psang Iklan?
Klik gambar diatas

Like Us!

Youtube

\
\

Labels

Powered by Blogger.

Total Pageviews

- Copyright © 2016 Jody Baharizki -@jodybaharizki- Powered by Blogger -