Posted by : Jody Baharizki Monday, January 8, 2018

Januari 2018 mulai menulis kembali dengan semangat baru dan pilihan hidup yang lebih PASTI. Tahun-tahun sebelumnya blog ini berisi campuran dari masalah cinta, musik, olahraga, komputer, bisnis, dan lain halnya. Karena memang blog ini Saya buat 2010 awal masuk SMA haha. Seiring berjalan-nya waktu dan bertambahnya pengalaman, saya ingin mulai FOKUS menulis tentang passion saya yang akhirnya bisa menjadi tujuan hidup yakni dunia Entrepreneur.



Sudah sangat banyak Entrepreneur muda yang menginspirasi saya sehingga saya tidak  ingin ketinggalan untuk ikut berpartisipasi memajukan bangsa Indonesia.

APASIH FOKUS ITU?


Fokus pada umumnya berarti konsentrasi atau bisa juga bertuju pada 1 hal. Fokus yang saya bahas disini lebih kepada bertuju pada 1 hal.

Sejak SMA saya suka sekali dengan Entreprenuership, kelihatan keren gitu... walaupun aslinya berdarah-darah. Tapi terlihat keren cukup menghapus darah itu haha. Kalau diurutkan sejak awal bisnis saya:

1. Reseller Jersey bola (2011)
2. Konveksi kaos dan jersey (2014)
3. Digital Agency (2014)
4. Ayam Suwir (2017)
5. Sus Kering Emmh (2015-sekarang) 

dari list diatas, menurut kalian keren atau tidak?
Itulah yang saya sebut BERDARAH

 Kata mas Jaya Setiabudi, "Orang yang TIDAK FOKUS layak dihibur dengan julukan MULTI TALENT" nah (dulu) saya masih percaya sama gelar multi talent itu keren, padahal sedih ngalaminya.

Saya yakin, kalian yang baca ini pasti pernah atau bahkan sedang mengalami fase ini. Tidak hanya di bisnis. Bisa juga pada kegiatan lainya (Silahkan dicari contohnya :D)

SAYA TIDAK SETUJU


Lalu, pasti ada juga yang tidak setuju. "Kan selama bisa dikelola baik gapapa?" "Saya bisa kok mengurusi semuanya" "Kan bisa menyuruh orang untuk memegang". Pembelaan yang bagus hehe. Kalau kamu seorang pebisnis ulung yang sudah paham betul alur bisnis yang baik maka silahkan saja kamu punya banyak bisnis, kemudian tugaskan orang untuk menjadi penanggung jawab semacam CEO. Banyak juga pebisnis yang mulai membuka banyak usaha. Pak Ciputra, Anthony Salim, dll. Tapi mereka fokus pada bisnis pertama-nya.

Masalahnya kita sebagai pemula (kurang dari 5tahun) masih suka latah untuk melihat rumput tetangga yang lebih hijau. Contoh pada diri Saya, buka konveksi kaos dan jersey tahun 2014 sudah jalan lumayan stabil eh, dapet client bikin website saya ambil juga akhirnya tergiur untung dari Digital Agency. Konveksi ga keurus akhirnya mati :') lalu agency goyah akhirnya semuanya mati HAHA


INTINYA


Fokus adalah tentang kesabaran dan janji yang harus dilaksanakan apapun cobaan-nya. Dalam bisnis pasti ada pasang surut, kalau sedang bagus di syukuri kalau sedang jatuh diperbaiki. Bisnis juga ibarat bayi yang harus kita rawat dan jaga sampai tumbuh dewasa hingga pada akhirnya kita percayakan pada orang yang layak mendampinginya. FOKUS!


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Psang Iklan?

Psang Iklan?
Klik gambar diatas

Like Us!

Youtube

\
\

Labels

Powered by Blogger.

Total Pageviews

- Copyright © 2016 Jody Baharizki -@jodybaharizki- Powered by Blogger -